Skip to main content

Ilmu Komunikasi UPI : Jurusan Kece Idaman Anak Milenial!

Logo Himpunan Ilmu Komunikasi UPI

Hallo Sob!!!
Kali ini gua ingin membahas salah satu hal yang menarik nih, yaitu jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tulisan ini sangat cocok buat kalian sobat-sobatku yang sedang bingung memilih jurusan buat kuliah nanti. Jadi, langsung aja kita mulai ya…. Check it out!!

Sekilas Tentang Ilmu Komunikasi
Buat sobat-sobat yang akan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2020, pasti saat ini sedang mencari tahu lebih dalam mengenai jurusan-jurusan kuliah yang akan dipilih nanti. Salah satu jurusan yang cukup diminati pada saat ini adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Sarjana lulusan Ilmu Komunikasi, sangat dibutuhkan di berbagai macam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaannya seperti menjadi wartawan, Humas (PR) perusahaan, editor, sutradara, presenter, dosen, hingga menjadi pengusaha media lewat production house dan production media.
Mungkin sobat-sobat semua sering mendengar stereotip tentang jurusan Ilmu Komunikasi di luar sana. Ada yang berkata Ilmu Komunikasi tuh tempatnya anak-anak kece dan gaul, kuliahnya tuh nyantai, gampang lulusnya, dan stereotip-stereotip lainnya. Semua stereotip itu tidak selalu benar Sob. Banyak tipe-tipe mahasiswa yang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, seperti anak yang aktif ikut organisasi, anak kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang), anak DKM, anak nongkrong, dan masih banyak lagi. Jadi, kalian nggak perlu minder untuk masuk Ilmu Komunikasi meskipun kalian bukan anak yang gaul, karena hal tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Untuk masalah kuliahnya yang lebih nyantai dan lulusnya lebih gampang, kamu harus coba masuk ke jurusan ini, karena banyak hal-hal yang tidak diketahui orang diluar sana tentang Ilmu Komunikasi.
Jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi itu menyenangkan kok Sob. Apalagi kalau kalian memang niat untuk masuk jurusan ini dan nggak ikut-ikutan temen atau karena kalian gatau mau masuk jurusan apa. Percaya ama gua, di jurusan Ilmu Komunikasi kalian akan bertemu banyak hal baru dan pastinya menyenangkan untuk dipelajari. Ayok kita berkenalan lebih dalam dengan jurusan ini Sob!

Ilmu Komunikasi UPI
Pada tahun 2011, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara resmi membuka prodi Ilmu Komunikasi, dan tahun 2012 UPI mendapatkan angkatan pertama untuk prodi Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi berada di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI dan merupakan salah satu jurusan favorit dengan peminat terbanyak di UPI hingga saat ini. Hal tersebut merupakan sesuatu kebanggaan yang harus diapresiasi Sob, mengingat jurusan ini merupakan jurusan yang baru berdiri selama delapan tahun. Kuota jurusan ilmu komunikasi di Universitas Pendidikan Indonesia setiap tahunnya mengalami perubahan. Pada tahun 2019, jumlah kuota jurusan Ilmu Komunikasi UPI sebanyak 90 orang. Untuk tahun 2020, mungkin akan ada perubahan lagi Sob.
Ikom UPI saat ini mempunyai tiga cabang konsentrasi jurusan yang bisa kalian pilih nanti pada saat semester enam. Tiga cabang konsentrasi tersebut adalah Jurnalistik, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Broadcast (Penyiaran).
Tahun 2016, gua lulus menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI melalui jalur SBMPTN. Rasanya sangat senang sekali bisa diterima di Ilmu Komunikasi UPI. Suka duka telah gua lalui selama tujuh semester kuliah di Ilmu Komunikasi UPI. Ngga kerasa sekarang udah jadi angkatan tua di Ikom. Semoga perjalanan kedepannya semakin baik ya hehehe.

Mata Kuliah
Mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi UPI mayoritas bukan hafalan atau hitungan, melainkan pemahaman. Hal tersebut berarti mahasiswa harus memahami materi kuliah yang diberikan dan dapat menyampaikan materi yang sudah dipahami. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen biasanya lebih banyak tugas kelompok dibandingkan tugas individu, seperti proyek kelas, riset kelompok, wawancara atau pembuatan media kreatif. Selain dengan pembekalan teori-teori melalui pertemuan kuliah, terdapat bebearapa kali diadakan kuliah umum dan studi ke luar kampus. Salah satu contohnya adalah studi dan kunjungan ke SCTV Tower di Jakarta.
Semester satu dan dua jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI pasti ngerasa gabut banget, karena biasanya masih kuliah-pulang-kuliah-pulang. Dan mata kuliahnya itu masih mata kuliah dasar. Tapi jangan seneng dulu, itu cuma bisa kalian rasain selama semester satu dan dua. Karena setelah itu, baru kalian akan merasakan jadi anak Komunikasi yang sesungguhnya. Makanya, semester-semester gabutnya dinikmatin aja sembari ikutan organisasi dan mencari banyak relasi Sob.
Nah, gua pengen kasih tau nih ke kalian beberapa mata kuliah yang menarik yang nanti bakal kalian pelajari di Ilmu Komunikasi UPI :

  •      Dasar Fotografi
  •         Komunikasi Lintas Budaya
  •         Media Literasi
  •         Aplikasi Komputer
  •         Public Speaking
  •         Komunikasi Online
  •         Event Management
  •         Hukum dan Etika Komunikasi
  •         Perencanaan Kegiatan Komunikasi
Kunjungan Ikom UPI ke SCTV

Fasilitas
Oh iya, fasilitas di Ikom UPI itu ada banyak lho…. Mulai dari ruangan kelas yang lega dengan AC dan proyektor, lalu ada lab komputer, News Room, lab radio dan perpustakaan khusus untuk Ikom UPI. Fasilitas-fasilitas itu bisa digunakan oleh seluruh anak Ikom UPI buat ngerjain tugas, bikin proyek dan lain-lain.

Kegiatan-Kegiatan

Tim Futsal Ikom UPI
Selain ikut kelas formal di kampus, kalian juga bisa ikut kegiatan-kegiatan keren lho di Ikom UPI, biar kalian nggak suntuk dan bosen juga hehehe. Buat kalian yang seneng olahraga, di Ikom UPI ada beberapa kegiatan olahraga, seperti Futsal, Badminton, Basket, Jogging dan lain-lain. Selain itu, buat kalian yang hobi seni, Ikom UPI juga menyiapkan wadah bagi kalian, seperti Commband (Band Ikom UPI), IDC (Ikom Dance Crew), Angklung Padasuka, dan Ikom Arts. Selain itu masih banyak lagi kegiatan-kegiatan keren yang ada di Ikom UPI. Kalau kalian nanti ikut kegiatan-kegiatan itu, kalian bisa menyalurkan bakat dan minat kalian, serta menjalin hubungan silaturrahmi antar sesama mahasiswa Ikom UPI. Gua jamin kalian nggak akan nyesel masuk ke Ikom UPI, karena kegiatan-kegiatan di dalamnya bisa bikin kalian betah dan dapat membuat kalian jadi lebih kece.

Angklung Padasuka UPI

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI
Di Ilmu Komunikasi UPI terdapat suatu organisasi untuk mengembangkan mahasiswa dan Prodi Ilmu Komunikasi. Organisasi tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI (Himikasi). Buat kalian yang nanti masuk ke Ikom UPI, kalian bisa bergabung menjadi pengurus Himikasi. Banyak manfaat yang akan kalian dapet jika bergabung menjadi pengurus Himikasi. Kalian bisa belajar cara berorganisasi yang baik, mendapatkan relasi dengan mahasiswa Ikom di berbagai angkatan, belajar mengembangkan program-program kerja di Himikasi dan masih banyak manfaat lainnya. Pengalaman yang kalian dapet selama menjadi pengurus Himpunan, akan sangat berguna nanti ketika kalian masuk ke dalam dunia kerja.

Pengurus Himikasi UPI
Itulah sekilas tentang prodi Ilmu Komunikasi UPI yang bisa jadi ke depannya masih akan mengalami banyak perubahan, karena perkembangan ilmu komunikasi yang pesat. Selama kuliah, tentunya kalian tidak hanya belajar di dalam kelas, tapi mahasiswa Ikom UPI bisa mempraktekan ilmunya di luar kuliah, seperti aktif organisasi atau kepanitiaan yang sangat baik untuk mengembangkan skill.
Buat temen-temen yang berminat mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, Gua tunggu ya kalian di Ilmu Komunikasi UPI. Gua jamin Ikom UPI nggak kalah bagus kok ama FIKOM UNPAD.  Kalian nggak bakal nyesel milih Ikom UPI. Tapi yang harus kalian ingat, persaingan di tahun kalian pasti akan lebih ketat, jadi persiapin diri kalian yah Sob. Buat yang masih kepo sama Ikom UPI atau mau tanya-tanya informasi lebih lanjut, bisa langsung tanya ke gua di IG @joshuahendi atau bisa komen di kolom komentar. Selain itu, kalian juga bisa kepoin sosial media Ikom UPI di IG @himikasi.upi
SUKSES BUAT KALIAN SEMUA SOB!!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anak Indigo: Keajaiban Unik yang Menegangkan

Sumber: Google Hallo Sob!!! Kali ini saya ingin membahas tentang indigo nih. Teman-teman semua mungkin sudah tidak asing dengan kata-kata “indigo”. Gejala indigo seringkali dihubungkan dengan kemampuan seseorang yang bisa melakukan perjalanan menembus dimensi waktu dan ruang. Seseorang yang memiliki kemampuan indigo dapat melihat serta berkomunikasi dengan mahluk-mahluk dari dimensi lainnya. Menjadi seseorang yang dikaruniai kemampuan indigo memang tidaklah mudah, dan siapapun dapat terlahir dalam kondisi indigo ini. Bagi sejumlah orang, kondisi indigo ini tentunya menjadi sebuah kesan dan ternyata bisa memberi dampak positif bagi mereka yang memilikinya, namun tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin atau tidak menyalahgunakan kemampuan tersebut. Saya mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai seorang yang memiliki kemampuan indigo. Beliau adalah Bayu Alamsyah. Berikut adalah hasil wawancara singkat saya dengan Bayu Alamsyah. Proses Wawancara Kapan a

Thank You For Smoking: Menjadi Pelobi yang Handal

Sumber: Google Melakukan lobbying pada dasarnya merupakan suatu usaha yang dijalankan untuk mempengaruhi pihak-pihak yang menjadi sasaran, agar dapat membuat sudut pandang yang positif mengenai suatu hal .  Tehnik lobbying merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang praktisi PR ( Public Relation ). Untuk menjadi seorang pelobi yang handal, kita harus mampu berargumen dengan mempersuasi dan meyakinkan pihak-pihak yang menjadi sasaran. Hal-hal yang berkaitan dengan lobbying , dapat kita lihat dalam sebuah film berjudul Thank You For Smoking.   Film besutan sutradara Jason Reitman ini mengisahkan tentang kehidupan Nick Naylor (Aaroon Eckhart), seorang wakil direktur Akademi Kajian Tembakau di Amerika Serikat yang juga merupakan seorang pelobi handal. Nick Naylor bekerja untuk sebuah perusahaan rokok, dimana dia harus menghadapi berbagai tudingan negatif masyarakat mengenai keberadaan industri rokok. Film ini dibuka dengan sebuah adegan talk show , yang membahas